Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Pangaribuan Kelas VII T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi aritmatika sosila di SMP Negeri 1 Pangaribuan kelas VII T.P
2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1
Pangaribuan yang terdiri dari tujuh kelas dan sampel pada penelitian ini diambil secara acak yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil perhitungan uji normalitas observasi metode pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh sebesar 0,112 sedangkan untuk perhitungan uji normalitas post-test kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh sebesar 0,121. Jika dibandingkan dengan sebesar 0.161 maka data observasi dan hasil post-test
dinyatakan berdistribusi normal.
Hasil perhitungan analisis varians pada kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh = 6,309 dengan = 4,20. Hal ini berarti
atau 6,309 > 4,20 selanjutnya untuk hasil penelitian pada kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukkan bahwa persamaan regresi pada penelitian ini memilki hubungan yang kuat dan berarti dimana koefisien korelasinya ( dan koefisien determinasi r2 = 0,1844 atau 18,44% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar
penelitian ini diharapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]