• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Pangaribuan Kelas VII T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Fransisca Enzelina Munthe.pdf (279.8Kb)
    Date
    2019-09-16
    Author
    Munthe, Fransisca Enzelina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi aritmatika sosila di SMP Negeri 1 Pangaribuan kelas VII T.P 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Pangaribuan yang terdiri dari tujuh kelas dan sampel pada penelitian ini diambil secara acak yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil perhitungan uji normalitas observasi metode pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh sebesar 0,112 sedangkan untuk perhitungan uji normalitas post-test kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh sebesar 0,121. Jika dibandingkan dengan sebesar 0.161 maka data observasi dan hasil post-test dinyatakan berdistribusi normal. Hasil perhitungan analisis varians pada kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh = 6,309 dengan = 4,20. Hal ini berarti atau 6,309 > 4,20 selanjutnya untuk hasil penelitian pada kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukkan bahwa persamaan regresi pada penelitian ini memilki hubungan yang kuat dan berarti dimana koefisien korelasinya ( dan koefisien determinasi r2 = 0,1844 atau 18,44% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar penelitian ini diharapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3453
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback