Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Pegajahan T.P. 2018/2019.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair checks terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pegajahan.
Hasil penelitian untuk persamaan regresi pada kemampuan pemahaman konsep ini adalah( Y1) ̂=20,28+0,757X. Pada persamaan regresi (b) = 0,757 bertanda positif , yang artinya bahwa hasil kemampuan pemahaman konsep akan bertambah sebesar 0,757 ketika menggunakan model pembelajaran pair checks akan meningkat satu satuan. Sedangkan pada kemampuan kreativitas matematis siswa adalah Y ̂2=22,71+0,733X . Pada regresi (b) = 0,733 bertanda positif yang artinya bahwa kemampuan kreativitas matematis siswa jika menggunakan model pembelajaran pair checks akan meningkat satu satuan. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh r_xy 0,832, hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajarani pair checks terhadap kemampuan pemahaman konsep dan koefisien determinasinya adalah r^2=0,691 atau 69,1% menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dipengaruhi oleh model pembelajaran pair checks sebesar 69,1% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain, Sedangkam koefisien korelasi untuk kemampuan kreativitas matematis siswa r_xy=0,791 hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran pair checks terhadap kemampuan kreativitas matematis dan koefisien determinasinya adalah r^2=0,624 atau 62,4%, menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas matematis dipengaruhi oleh model pembelajaran pair checks sebesar 62,4% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan untuk uji keberartian koefisien korelasinya untuk kemampuan pemahaman konsep dimana t_tabel<t_hitung<t_tabel atau 1,70<7,936<1,70 artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran pair checks dengan kemampuan pemahaman konsep dan uji keberartian koefisien korelasi untuk kemampuan kreativitas matematis dimana t_tabel<t_hitung<t_tabel atau 1,70<6,839<1,70 artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran pair checks dengan kemampuan kreativitas matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]