PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHANMASALAH PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang terbaik diantara model problem based learning dan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi logika matematika di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utara T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 5 kelas dengan sampel 1 kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes bentuk uraian. Analisis data menggunakan uji t Benferoni. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran dengan model problem based learning lebih baik daripada pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa pada pemahaman konsep pada materi logika matematika dan Pembelajaran dengan model problem based learning lebih baik daripada pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa pada pemecahan masalah pada materi logika matematika di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utara.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]