• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah pada Materi Matriks Kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Elpianus Sembiring.pdf (281.4Kb)
    Date
    2019-09-25
    Author
    Sembiring, Elpianus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pendekatan ilmiah pada materi matriks. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIPA-1 (n = 35 siswa). Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah diujicobakan dan dinyatakan valid. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diproleh hasil analisisnya: Pada pre-test terdapat 4 dari 35 siswa (11%) yang mendapat nilai minimal 75 dan 31 siswa lainnya (89%) belum mencapai nilai minimal 75 dengan rata-rata kelas 55,22. Pada siklus I terdapat 25 dari 35 siswa (72%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (minimal 75) dan 10 siswa lainnya (28%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 80,74 sedangkan pada siklus II terdapat 29 dari 35 siswa (82%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (minimal 75) dan 6 siswa lainnya (18%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 88,51. Hal ini berarti telah mencapai nilai ketuntasan belajar klasikal (minimal 75% dari jumlah siswa yang mendapat nilai minimal 75). Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan ilmiah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa pada materi matriks di Kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P. 2019/2020.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3441
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback