• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED BERBASIS LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A. 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Dumari Situmorang.pdf (432.1Kb)
    Date
    2016-08-23
    Author
    Situmorang, Dumari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) dengan Peta Konsep terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di SMP N 4 Lintongnihuta T.P 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Lintongnihuta T.P. 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.3 diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes uraian yaitu tes uraian untuk kemampuan komunikasi matematika dan tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dengan jumlah soal masing-masing sebanyak 4 butir soal yang telah valid dan reliabel. Hasil kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) dengan peta konsep diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_1 = 5,54 + 0,95X. Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan peta konsep terhadap komunikasi matematika siswa sebesar 68% dan sisanya 32% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) dengan peta konsep diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_2 = 4,01 + 0,97X. Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan peta konsep terhadap kemampuan pemecahan matematika siswa sebesar 84% dan sisanya 16% dipengaruhi oleh faktor lain.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/344
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback