Pengaruh Media Iklan Thailand Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan keseluruhan populasi kelas IX sebanyak 206 siswa. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 35 orang dengan total kelas yang dipilih dengan cara claster sampling yaitu kelas IX-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa tes essay yaitu menulis cerita pendek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 13,70 > 2,03. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa media iklan thailand berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek kelas IX SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.