• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada Tahun Ajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Falencia Nadapdap.pdf (331.6Kb)
    Date
    2014-09-30
    Author
    Nadapdap, Falencia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hingga saat ini masih banyak siswa yang menganggap matemtika itu tidak menarik, membosankan dan menjemukan. Ada banyak faktor penyebabnya salah satu nya adalah kurang inovatif nya guru dalam menyampaikan materi sehingga suasana tidak menggairahkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mereapkan model pembelajaran creative problem solving. Dalam pembelajaran ini siswa dibentuk dalam kelompok yang heterogen sehingga siswa dapat dengan leluasa mengutarakan pendapat dan menanyakan hal-hal yang kurang dipahami kepada teman satu kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Gajah Mada. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling.. sampel penelitian berjumlah 30 siswa. pengambilan data menggunakan observasi dan instrument berbentuk essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran creative problem solving mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada. Analisis data menggunakan uji-t, dari hasil perhitungan data diperoleh thitung sebesar 12,59 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 28 yaitu sebesar 2,05. Maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel berarti hipotesis alternative(Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran creative problem solving berpengaruh terhadap pemecahan masalah siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/342
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback