• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Direct Instruction Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Cerita Fantasi di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Merliana Sitorus.pdf (257.2Kb)
    Date
    2019-10-01
    Author
    Sitorus, Merliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah dalam penelitian ini adalah “Pengaruh Model Direct Instruction Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Cerita Fantasi di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 155 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 31 orang yakni kelas VII-4 yang dipilih secara cluster sampling. Dengan design eksperimen yang digunakan one group pretest-posttest design. Untuk memperoleh data yang diperlukan tes penugasan memahami cerita fantasi. Dari analisa data yang diperoleh pretest siswa sebelum menggunakan model Direct Instruction menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 60,96 sedangkan hasil posttest siswa setelah menggunakan model Direct Instruction menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 81,61. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 22,703 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 2,000. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (30,820 > 2,000). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Direct Instruction dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam memahami cerita fantasi.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3389
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback