Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Terhadap Kemampuan Siswa Menyimak Berita Kelas VIII SMP Swasta Nasrani 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Dokumenter Terhadap Kemampuan siswa menyimak berita kelas VIII SMP Swasta Nasrani 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pengaruh Media Audio Visual Film Dokumenter.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII SMP Swasta Nasrani 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 116 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel berjumlah 29 orang. Dengan desain eksperimen one group Pre-test post-test. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes penugasan menulis teks.
Dari analisa yang diperoleh sebelum menggunakan Media Audio Visual Film Dokumenter menunjukkan rata-rata siswa sebesar 54,62. Sedangkan hasil eksperimen menggunakan Media Audio Visual Film Dokumenter menunjukkan rata-rata nilai sebesar 76,68.. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung= 8,05 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan a = 0,05 adalah 2,03. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel ( 8,05 > 2,03) maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol(Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan Media Audio Visual Film Dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Menulis Teks Prosedur.