• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Terhadap Kemampuan Penalaran Metematika Siswa Pada Materi Logika Matematika di SMK Budi Setia Tahun Ajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Roganda Tamba.pdf (330.9Kb)
    Date
    2014-07-28
    Author
    Tamba, Roganda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada materi logika matematika di SMK Budi Setia Medan T.P. 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Budi Setia Medan dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata 74,47 yang artinya bahwa nilai kemampuan penalaran matematika siswa kategori baik. Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Y ̂=11,3942+0,849X. Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier b=0,849 kemampuan penalaran matematika siswa akan meningkat sebesar 0,849 jika strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here meningkat sebesar satu satuan. Dari uji kelinieran regresi diperoleh F_hitung<F_tabel atau 1,204<8,69 artinya terdapat hubungan yang linier dan berarti antara strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dengan kemampuan penalaran matematika siswa dan uji keberartian regresi diperoleh F_hitung>F_tabel atau 39,497>4,38 artinya terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Nilai koefisien korelasi r_xy=0,822 artinya, terdapat hubungan yang kuat antara strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dengan kemampuan penalaran matematika siswa. Dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh 〖-t〗_((1-1/2α))<t_hitung<t_((1-1/2α)) atau -1,72193<6,2916<1,72193 (salah) artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Nilai koefisien determinasi r2 sebesar 67,51% artinya strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here mempengaruhi kemampuan penalaran matematika sebesar 67,51% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga diharapkan, strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/336
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback