PERBEDAAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERPARADIGMA HUMANISTIK DAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERPARADIGMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2018/2019
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan T.P 2018/2019. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen I (MIA 1) dan kelas eksperimen II (MIA 2). Instrumen yang digunakan adalah tes dengan bentuk esay yang telah dilakukan uji validasi instrumen.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen I 82,813 dan nilai rata-rata postest kelas eksperimen II 76,406. Hasil uji prasyarat data postest menyatakan sampel berdidtribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t (α = 0,05). Dari hasil uji t disimpulkan ada perbedaan Model Penemuan Terbimbing Berparadigma Humanistik Dan Model Penemuan Terbimbing Berparadigma Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Parulian 1 Medan T.P 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]