• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Berbantu Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Wahyu Prima Pasaribu.pdf (293.6Kb)
    Date
    2019-09-17
    Author
    Pasaribu, Wahyu Prima
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS-2 SMA Negeri 1 Sunggal. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Tes ini terdiri dari tes siklus I dan tes siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya kemampuan pemecahan masalah apabila: nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 70. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 80% dari seluruh siswa telah memperoleh nilai ≥ 70 untuk kemampuan pemecahan masalah, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data pada siklus I bahwa persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 68,572% dan persentase tidak tuntas 31,428% dari 35 siswa yang tuntas adalah 24 orang dan yang tidak tuntas adalah 11 orang. Pada siklus II persentase kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 91,428% dan persentase tidak tuntas 8,572% dari 35 siswa yang tuntas adalah 32 orang dan yang tidak tuntas adalah 3 orang. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa siklus I yaitu 72,567 dan siklus II yaitu 82,371. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada siklus II, selama pembelajaran di kelas dilakukan observasi terhadap siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori aktif, dan terhadap guru diperoleh nilai akhir sangat baik. Sehinggga dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah peserta didik dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw II pada materi SPLDV di kelas X SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3315
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback