• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP ROMALBEST MEDAN T.A.2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Emiateta Subrina Br. Ginting.pdf (423.4Kb)
    Date
    2019-09-11
    Author
    Br. Ginting, Emiateta Subrina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 SMP ROMALBEST MEDAN yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan refleksi siklus I, dilakukan perbaikan pada siklus II. Nilai rata-rata observasi guru di siklus I 2,6 dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3,4 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata observasi peserta didik pada siklus I 46,875% dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 84,375% pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada kemampuan komunikasi pada tes awal 44,375% setelah diberi tindakan meningkat menjadi 68,75% di siklus I dan menjadi 93,75% di siklus II, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada tes awal diperoleh 48,59% meningkat menjadi 62,5% di siklus I dan 87,5% di siklus II. Ketuntasan belajar individual meningkat untuk kemampuan komunikasi dimana tes awal hanya 4 orang memperoleh nilai 65, pada post-test I meningkat menjadi 22 orang, pada post-test II meningkat menjadi 30 orang, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada tes awal terdapat 7 orang yang mendapat nilai 65, pada post-test I meningkat menjadi 20 orang, pada post-test II meningkat menjadi 28 orang. Rata-rata nilai kemampuan komunikasi peserta didik pada tes awal adalah 44,375 meningkat menjadi 66,71 di siklus I dan 74,68 di siklus II, sedangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada tes awal adalah 48,59 meningkat menjadi 67,03 pada siklus I dan 73,22 pada siklus II. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah peserta didik di kelas VIII SMP ROMALBEST Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3303
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback