• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Bantu Bahan Ajar dan LKS Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.P2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Rejeki Suprilana Tumangger.pdf (380.5Kb)
    Date
    2019-09-17
    Author
    Tumangger, Rejeki Suprilana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efektivitas pendekatan contextual teaching and learning (CTL) di bantu bahan ajar dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam yang berjumlah 30 orang siswa . Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X SMA IPA1 secara random sampling atau pengambilan secara acak.Dalam penelitian ini indikator efektivitas suatu model diambil dari aspek kesesuaian dengan model,ketuntasan belajar siswa dan daya serap perorangan klasikal. Hasil observasi kemampuan guru mengajar menggunakan Pendekatan Contextual And Learning (CTL) yang di observasi ,dari rata-rata hasil observasi tersebut kategori rata-rata guru termasuk baik yaitu 3,71% dan rata-rata hasil observasi siswa kemampuan sangat baik yaitu 85,70% dari Siklus II sedangkan Siklus I di dapat yaitu 66,93%. Sementara hasil tes kemampuan memahami konsep diperoleh hasil daya serap perorangan rata-rata ≥ 80, daya serap klasikal sebanyak 26 atau ≤ 81,16% dari 30 orang siswa sudah tuntas dalam belajar ,tingkat penguasaan siswa 81,16% yang artinya tingkat penguasaan siswa sudah efektif. Sedangkan hasil tes kemampuan memecahkan masalah diperoleh hasil serap perorangan rata-rata ≥ 80,daya serap klasikal diperoleh 25 atau 81,26% dari 30 orang siswa sudah tuntas dalam belajar,tingkat penguasaan siswa 81,26% yang artinya tingkat penguasaan siswa sudah efektif . Demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan dibantu bahan ajar dan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X SMA Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.P. 2018/2019 adalah meningkat.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3302
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback