• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang Diajarkan dengan Model Guided Discovery Learning dan Guided Inquiry Learning pada Materi Program Linear di Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Medan T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Lia Eireny Sinaga.pdf (325.7Kb)
    Date
    2019-09-12
    Author
    Sinaga, Lia Eireny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model guided discovery learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan guided inquiry learning pada materi program linear di kelas XI MIA SMA Negeri 8 Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 8 Medan T.P 2019/2020. Dengan teknik Purpossive Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen I (XI MIA-1) dan kelas eksperimen II (XI MIA-2). Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumennya. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I 81,972 dengan standar deviasi 8,65 dan nilai ratarata post-test kelas eksperimen II 77,972 dengan standar deviasi 11,04. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak ( = 0,05). Dari hasil uji t satu pihak disimpulkan ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model guided discovery learning dan guided inquiry learning. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3300
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback