• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHDAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI GEOMETRI DIMENSI TIGA KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT BEGANDING T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Fitri Dumasari Sinaga.pdf (485.9Kb)
    Date
    2019-09-16
    Author
    Sinaga, Fitri Dumasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Geometri Dimensi Tiga Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Beganding T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Beganding. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan dengan purposive random sampling maka diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X- IPA 1). Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil Post- Test belajar peserta didik dengan bentuk essai yang telah dilakukan uji validasi instrumen, uji reliabilitas, perhitungan taraf kesukaran, dan perhitungan daya pembeda serta lembar observasi peserta didik. Berdasarkan uji keberartian regresi model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 8,65 ≥4,20, sedangkan uji keberartian regresi model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 18,986 ≥4,20 , maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada keberartian yang berarti antar penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Besar pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik sebesar 23,6% dan besar pengaruh model pembelajaran discoverylLearning terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 40,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Beganding T.P. 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3299
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback