PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHDAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI GEOMETRI DIMENSI TIGA KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT BEGANDING T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Geometri Dimensi Tiga Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Beganding T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Beganding. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan dengan purposive random sampling maka diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X- IPA 1). Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil Post- Test belajar peserta didik dengan bentuk essai yang telah dilakukan uji validasi instrumen, uji reliabilitas, perhitungan taraf kesukaran, dan perhitungan daya pembeda serta lembar observasi peserta didik.
Berdasarkan uji keberartian regresi model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 8,65 ≥4,20, sedangkan uji keberartian regresi model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 18,986 ≥4,20 , maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada keberartian yang berarti antar penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Besar pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik sebesar 23,6% dan besar pengaruh model pembelajaran discoverylLearning terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 40,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Beganding T.P. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]