• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Statistik Kelas XI SMA Negeri 2 Meranti T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Mei Sunday Simanjuntak.pdf (410.2Kb)
    Date
    2019-09-10
    Author
    Simanjuntak, Mei Sunday
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Statistik Kelas XI SMA Negeri 2 Meranti T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (XI-MIA^1). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan uji keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 45,789 ≥ 4,17 maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada keberartian yang berarti antara penggunaan Pendekatan Matematika Realistik berbantu media digital terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Sedangkan dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 0,554 + 749X dan keberartian koefisien korelasi pemecahan masalah diperoleh t_hitung=6,754 dan 〖 t〗_tabel = 2,04. Karena dilihat dari thitung ≥ ttabel maka pengujian hipotesis tolak H0 dan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat dan berarti antara Pendekatan Matematika Realistik berbantu media digital terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil perhitungan koefisien korelasi di dapat r = 0,777 artinya ada hubungan yang sangat kuat/tinggi antara Pendekatan Matematika Realistik berbantu media digital terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kemudian koefisien determinasi r^(2 )= 0,604 atau 60,4% yang artinya kemampuan pemecahan masalah matematika dipengaruhi oleh indikator pendekatan matematika realistik sebesar 60,4% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain sebesar 39,6%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3297
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback