• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Turnamen terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T. P. 2018/2019.

    Thumbnail
    View/Open
    Asrito Pasaribu.pdf (284.7Kb)
    Date
    2019-09-16
    Author
    Pasaribu, Asrito
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Turnamen efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1Pangaribuan yang terdiri atas 7 Kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-6 yang dipilih secara simple random sampling yang terdiri dari 30 orang peserta didik. Persamaan regresi dari hasil penelitian ini adalah Y ̂_1=19,581+0,760X dan Y ̂_2=15,156+0,815X, pada persamaan regresi b1 = 0,760 dan b2 = 0,815. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi untuk kemampuan pemahaman matematis diperoleh r_xy=0,7434 dan kemampuan pemecahan masalah diperoleh rxy = 0,7038 , hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan Turnamen terhadap kemampuan pemahaman matematis dan sedang untuk kemampuan pemecahan masalah. Dan koefisien determinasi kemampuan pemahaman matematis adalah〖 r〗^2=0,5527 atau 55,27% dan kemampuan pemecahan masalah r^2=0,5250 atau 50,50%, hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis dan pemecahan masalah peserta didik dipengaruhi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Turnamen sebesar 55,27% dan 52,50%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3295
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback