• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran Lightening the Learning Climate Dengan Berparadigma Humanistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Rosmalinda Sinaga.pdf (373.7Kb)
    Date
    2019-09-16
    Author
    Sinaga, Rosmelinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Lightening the Learning Clmate dengan berparadigma humanistik terhadap kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada pokok materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan yang terdiri atas 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 yang dipilih secara Cluster Ramdom Sampling yang terdiri dari 25 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi dari hasil penelitian pada kemampuan pemahaman matematis ini adalah (Y1) ̅=-9,4810+1,1076X. Pada persamaan regresi (b) = 1,1076 bertanda positif , yang artinya bahwa hasil kemampuan pemahaman matematis akan meningkat sebesar 1,1076 dan pada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik adalah (Y2) ̅=-46,9365+1,5248X Pada regresi (b)=1,5248 bertanda positif yang artinya bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik akan meningkat 1,5248 dan perhitungan koefisien determinasinya adalah r^2=0,565 atau 56,5%, ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Lightening the Learning Climate dengan berparadigma humanistik terhadap kemampuan pemahaman matematis sebesar 56,5% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain dan untuk koefisien determinasinya adalah r^2=0,460 atau 46% ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Lightening the Learning Climate dengan berparadigma humanistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 46% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3294
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback