• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pencapaian Konsep Dengan Penekanan Teori Bruner Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Di Kelas XI SMA Parulian 1 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Novita Purba.pdf (343.0Kb)
    Date
    2019-09-22
    Author
    Purba, Dian Novita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan, dengan sampel yang terdiri dari 33 orang yaitu siswa kelas XI Mia-1 sebagai kelas eksperimen. Dari uji keberartian regresi diperoleh bahwa ada pengaruh antara model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil koefisien korelasi komunikasi diperoleh nilai r = 0,967 dan pemecahan masalah diperoleh r = 0,942,berarti terdapat hubungan yang kuat antara model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Dan dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat antara antara model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh r^2=93,5%, yang berarti bahwa 93,5% kemampuan komunikasi matematika dipengaruhi oleh model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner. Selanjutnya koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y2 diperoleh r^2 = 88,7%, yang berarti bahwa 88,7% kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dipengaruhi oleh model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh modelPencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner, terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa, sehingga model Pencapaian konsep dengan penekanan teori Bruner dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3291
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback