• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Terbalik) dibantu Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Lingkaran kelas VIII SMP Negeri 23 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Cyntia Nesia Cicilia Siahaan.pdf (521.4Kb)
    Date
    2019-09-21
    Author
    Siahaan, Cyntia Nesia Cicilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching (Terbalik) terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan. Adapun Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 23 Medan, dengan sampel yang terdiri dari 36 orang yaitu peserta didik kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta observasi keterampilan proses peserta didik. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk (komunikasi): ̂ = sedangkan untuk (pemecahan masalah) persamaan regresinya: ̂= . Hasil koefisien korelasi komunikasi diperoleh nilai dan pemecahan masalah diperoleh , berarti terdapat hubungan yang kuat antara model Reciprocal Teaching (Terbalik) terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Dan dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat antara antara model Reciprocal Teaching (Terbalik) terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh , yang berarti bahwa kemampuan komunikasi matematika dipengaruhi oleh model Reciprocal Teaching (Terbalik). Selanjutnya koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y2 diperoleh yang berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dapat dipengaruhi oleh model Reciprocal Teaching (Terbalik), sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model Reciprocal Teaching (Terbalik) terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika peserta didik, sehingga diharapkan model Reciprocal Teaching (Terbalik) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3289
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback