Pengaruh Model Pembelajaran CUPs dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPs dengan pendekatan Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah post test kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa dengan bentuk essay dan lembar observasi terhadap kegiatan peserta didik dengan model pembelajaran CUPs dengan pendekatan santifik. Dari hasil perhitungan analisis regresi (pemahaman konsep siswa) diperoleh persamaan regresi dan untuk (penalaran matematis siswa) diperoleh persamaan regresi . Untuk koefisien korelasi (pemahaman konsep siswa) diperoleh 0,765 dan untuk (penalaran matematis siswa) diperoleh 0,801 dan keberartian koefisien korelasi (pemahaman konsep siswa) diperoleh thitung > ttabel atau 6,297 > 2,763 dan untuk (penalaran matematis siswa) diperoleh thitung > ttabel atau 7,089> 2,763 maka Ha diterima. Untuk uji koefisien determinasi (pemahaman konsep siswa) diperoleh r^2=0,586 dan untuk (penalaran matematis siswa) diperoleh r^2=0,642. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CUPs dengan pendekatan Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019. Sehingga diharapkan model pembelajaran CUPs dengan pendekatan Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Besitang T.P. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]