• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Berparadigma Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Swasta Romalbest Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Novita Angelina Limbong.pdf (462.1Kb)
    Date
    2019-09-01
    Author
    Limbong, Novita Angelina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning berparadigma kearifan lokal Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada pokok bahasan segitiga kelas VII SMP Swasta Romalbest Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitan adalah seluruh Peserta didik kelas VII SMP Swasta Romalbest Medan T.P.2018/2019. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sample penelitian kelas eksperimen (VII-I) Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakakan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Dari uji keberarartian regresi Fhitung≥ Ftabel (kemampuan pemahaman konsep) diperoleh 361,09≥ 4,17 dan untuk (pemecahan masalah peserta didik) diperoleh 69,03≥ 4,17 H0 ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2 atau pengaruh antara PCL (Problem Centered Learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari uji keberartian koefisien (kemampuan pemahaman konsep) diperoleh thitung = 19,521 dan (kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik) thitung = 8,573 dan ttabel = 2,042. Karena dilihat dari kedua kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak H0 dan Ha diterima, maka ada hubungan yang berarti pada pendekatan PCL (Problem Centered Learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari hasil diatas dapat disimpulkan adanya pengaruh pendekatan PCL (Problem Centered Learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik, sehingga pendekatan PCL (Problem Centered Learning) cocok digunakan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3287
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback