STRATEGI PEMBELAJARAN PIANO KLASIK DI LEMBAGA KURSUS PENDIDIKAN FLOW MUSIC MEDAN
Abstract
Lembaga yang berdedikasi kursus pendidikan Flow Music Medan menawarkan jasa pelatihan keterampilan atau sering disebut dengan kursus musik yang bertujuan untuk memupuk serta meningkatkan bakat dan keterampilan seseorang dalam memainkan instrumen musik. Instrumen yang menjadi topik penelitian adalah piano klasik. Piano klasik adalah salah satu instrumen musik yang cukup banyak digemari dan dipelajari oleh segala tingkatan usia dan selalu dapat dinikmati disetiap masa untuk jenis musik apapun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran piano klasik dan bagaimana hasil pembelajaran yang dicapai di LKP Flow Music Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif tentang Pembelajaran Piano Klasik di Flow Music Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran piano klasik di LKP Flow Music sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dengan tujuan pembelajarannya siswa mampu bermain alat musik piano klasik dengan penjarian, permainan lagu, tangga nada dan karakter yang benar, agar dapat dimanfaatkan dalam pelayanan musik. Proses pembelajaran pada peneletian ini menerapkan strategi persiapan RPP, pendekatan, ceramah, pemberian contoh, proses belajar, tanya jawab, pemberian tugas dan evaluasi yang diadakan setiap satu tahun sekali sebagai ujian kenaikan tingkat (grade). Keberhasilan siswa juga dapat dilihat dari berbagai acara yang mereka hadiri dengan memainkan alat instrumen masing-masing.
Collections
- Seni Musik [141]