PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DATA KE DALAM BENTUK TEKS BERITA KELAS VII SMP NEGERI 1 SILIMAKUTA T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Menyimak Data ke dalam Bentuk Teks Berita Kelas VII SMP Negeri 1 Silimakuta T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Silimakuta Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Silimakuta sebanyak 217 orang siswa dari tujuh kelas yaitu kelas VII-1, VII-2, VII-3, VII-4, VII-5, VII-6, dan VII-7. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple cluster sampling. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh satu kelas yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu post-test berbicara performansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas menggunakan Uji Liliefors, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-t.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji-t pada taraf signifikan α=0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 15,6792 > 2,0000. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Siswa menyajikan data ke dalam Bentuk Teks Berita di Kelas VII SMP Negeri 1 Silimakuta Tahun Pembelajaran 2019/2020.