Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Terhdap Kemampuan Siswa Menulis Teks Pidato Di Kelas IX SMP Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan siswa menulis teks pidato di kelas IX SMP Negeri 2 Sidikalang Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 2 Sidikalang yang berjumlah 160 siswa. Sementara sampel diambil dengan menggunakan cluster sampling, sebanyak 32 siswa yaitu kelas IX-2.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen one-group pretest-postest design. Instumen yang digunakan untuk menjaring data adalah berupa tes essay dalam bentuk penugasan menulis teks pidato. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji“t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks pidato tanpa perlakuan media pembelajaran flashcard termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata-rata (mean) 48,93 sedangkan sesudah perlakuan media pembelajaran flashcard termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 76,68. Selajutnya pengujian hipotesis Menunjukkan〖 L〗_(hitung )(51,05) >L_(tabel )(0,1568) pada taraf signifikanα= 0,05. Dengan demikian H_O ditolak dan H_a diterima, berarti ada pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan siswa menulis teks pidato di kelas IX SMP Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks pidato dengan menggunakan media pembelajaran flashcard berdampak positif terhadap kemampuan menulis teks pidato