• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk Dengan Berbantu alat peraga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok T.A 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas HKBP Nommensen Medan.

    Thumbnail
    View/Open
    Lina Malau.pdf (283.5Kb)
    Date
    2015-08-11
    Author
    Malau, Lina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi pembelajaraan chalk and talk adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampian materi secara verbal dari guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Chalk and talk pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B Negeri 14 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B Negeri 14 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Chalk and talk pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B Negeri 14 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model pembelajaran Chalk and talk. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 50% (kategori aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 80% (kategori aktif). Hasil analisis tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, pada siklus I diperoleh 63,33% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 yaitu ada 19 siswa dan 36,6% siswa yang mendapat nilai < 65% yaitu ada 11 siswa, sedangkan pada siklus II diperoleh 80% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 yaitu ada 24 siswa dan 20% siswa yang mendapat nilai < 65% yaitu ada 6 siswa. Terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 36,6% dan tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 16,67%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Chalk and talk pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B SMP Negeri 14 Medan T.A 2015 / 2016.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/316
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback