Show simple item record

dc.contributor.authorPurba, Lastorang
dc.date.accessioned2019-11-18T04:30:04Z
dc.date.available2019-11-18T04:30:04Z
dc.date.issued2019-10-14
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3136
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 13 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMP N 13 Medan dengan populasi sebanyak 212 orang dan sampel 54 orang. Teknih pengambilan sampel adalah dengan random sampling. Teknih pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan teknih Korelasi Product Moment reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknih analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda, uji determinasi (R^2), uji t dan uji f. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) adanya pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap prestasi belajar. (2) adanya pengaruh lingkungan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar. (3) adanya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 13 Medan T.A 2019/2020. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran, penulis berharap adanya jalinan komunikasi dan kerjasama sekolah dengan orang tua dalam mendidik anak. Dengan adanya kerjasama tersebut akan mendapatkan informasi yang penting tentang masalah dan kesulitan yang dialami anak sehingga memudahkan baik orang tua atau guru dalam penyelesaiannya.en_US
dc.subjectmotivasi belajar,en_US
dc.subjectLingkungan Belajar,en_US
dc.subjectPrestasi belajaren_US
dc.titlePENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMPN 13 MEDAN T.A 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record