PENGARUH MOTIVASI BELAJAR LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN2018/2019
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi (DKN), nilai ulangan harian dan penyebaran angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan Heterokedastisitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t, F dan koefisien determinasi (R2).
Berdasarkanujiregresi linearberganda Y=12.435+ 0,604X1+ 0.229X2+0.372X3dan uji t untuk variabel motivasi belajar (X1) diperoleh thitung >ttabel (4.097>1.988) dengan alpha 0,05. Hal ini berarti motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ekonomi. Untuk variabel lingkungan belajar (X2) diperoleh thitung >ttabel (2.723>1.988) dengan alpha 0,008. Hal ini berarti lingkungan belajar berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ekonomi. Untuk variabel kompentensi pedagogik guru (X3) diperoleh thitung >ttabel (2.393>1.988) dengan alpha 0,019. Hal ini berarti lingkungan belajar berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ekonomi. Selanjutnya untuk .uji F diperoleh bahwa Fhitung>Ftabel (12.818>0.05) dengan alpha 0,05(5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh motivasi belajar, lingkungan belajar, dan kompentensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPSSMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2018/2019 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [265]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil.
Sinaga, Pangeran Tigor Hasahatan (2018-10-05)Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Penelitian ... -
Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019
Hutahaean, Grace Angelina (2019-04-08)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan ... -
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Ujung Padang Kecamatan Aek Natas Tahun Ajaran 2019/2020
Gultom, Jones Bonansa (2019-10-01)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Ujung Padang Kecamatan Aek Natas Tahun Ajaran 2019/2020. Data dalam metode ...