• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di SMP Negeri 1 Doloksanggul. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.

    Thumbnail
    View/Open
    yoan.docx (9.261Mb)
    Date
    2015-08-12
    Author
    Simamora, Yoan Nandahati.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Brain Based Learning merupakan strategi pembelajaran yang holistic untuk menciptakan pembelajaran pada upaya pemberdayaan potensi otak siswa. Dengan pendekatan atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus bervariasi agar siswa tidak bosan dengan pelajaran yang akan disampaikan guru. Kegiatan pembelajaran yang masih didominasi guru dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang membuat pelajaran sulit diterima oleh siswa. Oleh karena itu, saya mengadakan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pemebelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Doloksanggul yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan analisa terhadap hasil penelitian dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Brain Based Learning, nilai rata – rata siswa adalah 70,066. Sedangkan dengan menggunakan Post-Test nilai rata-rata siswa adalah 76,2. Setelah dilakukan uji kelinieran regresi maka diperoleh persamaan Y ̂ = 0,8869 + 1,1X dengan Fhitung < Ftabel atau 1,61 < 1,70. Koefisien korelasi dengan rxy hitung > rtabel atau 0,95 > 0,355 ini berarti terdapat hubungan yang kuat Strategi Pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh = 92% artinya tinggi derajat hubungan antara strategi pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan representasi matematika siswa sebesar 92% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/310
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback