Efektifitas Motode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode tanya jawab dalam meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas XI Semester II SMK Swasta Jambi Medan T.A.2018/2019
Jenis penelitian ini true exsperimental. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Swasta jambi Medan terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan sistem random sampling, sehingga diperoleh kelas XI-TKJ sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa dan kelas XI-PM sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan ganda yang telah divalidkan oleh 2 orang guru bidang studi Pendidikan Agama Kristen.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest dan postest pada masing-masing kelompok sampel memiliki data yang normal dan telah diuji dengan menggunakan uji Liliefors. Selanjutnya data postest untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Uji Hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t (uji satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,68 dengan ttabel = 1,674 dengan signifikan α = 0.05, dengan thitung > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Agama yang diajarkan melalui metode pembelajaran efektivitas metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas XI SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2018/2019 ada peningkatan. Proses di kelas eskperimen, penulis melakukan observasi terhadap siswa dan skor akhir adalah kategori baik.