Pengaruh Metode Bamboo Dancing Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Prosedur di Kelas XI SMA Namorambe Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “Pengaruh 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020”. Pengaruh Metode Bamboo Dancing Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Prosedur di Kelas XI SMA Swasta Namorambe Tahun Pembelajaran 2019/2020.”
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XI SMA Swasta Namorambe yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 155 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 31 orang yakni kelas VII-4 yang dipilih secara cluster sampling. Dengan design eksperimen yang digunakan one group pretest-posttest design. Untuk memperoleh data yang diperlukan tes penugasan memahami cerita fantasi.
Dari analisa data yang diperoleh pretest siswa sebelum menggunakan metode Bamboo Dancing menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 57,73 sedangkan hasil posttest siswa setelah menggunakan metode Bamboo Dancing menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 81. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 13,68 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 0,161. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (30,820 > 2,000).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Bamboo Dancing dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur.