• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Lenny Blandina Simanjuntak.pdf (316.2Kb)
    Date
    2019-10-03
    Author
    Simanjuntak, Lenny Blandina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok TA 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 1 Bahorok yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 6 tahap, yaitu permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, analisis data, dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis dalam menyelesaikan operasi bilangan bulat. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I diperoleh untuk kemampuan pemahaman konsep 13 peserta didik atau sebanyak 41,93% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai daya serap ≥ 75% untuk komunikasi matematis terdapat 14 peserta didik atau sebanyak 45,16% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai daya serap ≥ 75%. Kemudian pada siklus II diperoleh untuk kemampuan pemahaman konsep 27 peserta didik atau sebanyak 87,9% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai daya serap ≥ 75% untuk komunikasi matematis terdapat 26 peserta didik atau sebanyak 83,87% dari jumlah peserta didik dalam kelas tersebut yang mencapai dya serap ≥ 75%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar pada bab III dapat disimpulkan ketuntasan belajar pada materi operasi bilangan bulat terpenuhi atau meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bilangan bulat di Kelas VII-G SMP Negeri 1 Bahorok Tahun Pelajaran 2019/2020
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2976
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback