• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Bung Heri Parhusip.pdf (299.0Kb)
    Date
    2019-09-10
    Author
    Parhusip, Bung Heri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika peserta didik pada materi operasi aljabar di kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame. Dengan teknik sampling jenuh diperoleh sampel penelitian eksperimen VII-1. Instrumen yang digunakan adalah post test kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan bentuk essay test dan lembar observasi terhadap kegiatan peserta didik dengan pendekatan matematika realisitik. Dari hasil perhitungan analisis regresi (pemecahan masalah) diperoleh persamaan regresi Y ̂=-30,642+1,230X dan untuk (kemampuan komunikasi) diperoleh persamaan regresi Y ̂=-52,873+1,531X. Untuk uji koefisien korelasi (pemecahan masalah) diperoleh rhitung > rtabel atau 0,893 dan untuk (kemampuan komunikasi) diperoleh rhitung > rabel atau 0,807 dan keberartian koefisien korelasi (pemecahaman masalah) diperoleh thitung > ttabel atau 10,502 > 2,048 dan untuk (kemampuan komunikasi) diperoleh thitung > ttabel atau 7,242 > 2,048 maka Ha diterima. Untuk uji koefisien determinasi (pemecahan masalah) diperoleh r^2=0,693 dan untuk (kemampuan komunikasi) diperoleh r^2=0,652. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan matematika realisitik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika peserta didik pada materi operasi aljabar di kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame T.P. 2019/2020.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2969
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback