• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berparadigma Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Peserta Didik Kelas VII di SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T. P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Agus Riduan Siahaan.pdf (340.8Kb)
    Date
    2019-08-20
    Author
    Siahaan, Agus Riduan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar: Y ̂= 43,008+0,555X sedangkan untuk pemecahan masalah persamaan regresinya: Y ̂= 19,762+0,798X. Pada persamaan regresi kedua capaian tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya ketiga variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari uji keberartian regresi diperoleh bahwa ada pengaruh antara model pembalajaran pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal terhadap motivasi belajar dan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil koefisien motivasi belajar diperoleh nilai r = 0,722 dan pemecahan masalah diperoleh r = 0,74, berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal terhadap motivasi belajar dan pemecahan masalah matematika. Dan dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat dan signifikan antara model pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal terhadap motivasi belajar dan pemecahan masalah matematika. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh r^2=0,558, yang berarti bahwa 55,8% Motivasi Belajar dipengaruhi oleh model pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal. Selanjutnya koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y2 diperoleh r^2=0,552, yang berarti bahwa 55,2% kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dapat dipengaruhi oleh model pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal, maka disimpulkan terdapat pengaruh model pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal terhadap motivasi Belajar dan pemecahan masalah matematika peserta didik sehingga diharapkan model pencapaian konsep berparadigma kearifan lokal dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2968
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback