PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DENGAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SIMPANG EMPAT T.P. 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFE) dengan pendekatan ilmiah terhadap minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2Simpang Empat T.P. 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.1 dan VII.3 diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes uraian yaitu angket untuk minat belajar matematika dan tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dengan jumlah soal masing-masing sebanyak 25 dan 5 butir soal yang telah valid dan reliabel. Dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis, diperoleh data untuk minat belajar matematika di kelas eksperimen diperoleh thitung = 14,54. Data untuk minat belajar matematika peserta didik kelas kontrol diperoleh thitung =23,97 sedangkan data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen diperoleh thitung = 38,82 data untuk kemampuan pemecahan masalah matmatis peserta didik kelas kontrol diperoleh thitung = 38,02 jika dibandingkan dengan harga ttabel untuk n = 28 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel ternyata 1,674 dimana thitung> ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan pendekatan ilmiah terhadap minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi persamaan linear satu variabel di kelasVII SMP Negeri 2 Simpang Empat T.P. 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]