Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Tipe Everyone is a Teacher Here dengan Bantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P. 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Learning tipe Everyone is a Teacher Heredengan bantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didikkelas VIISMPMaria Goretti Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 3 kelas di SMP Maria Goretti Kabanjahe. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Sehingga didapat sampelnya adalah kelas VII-1. Dengan menggunakan uji-t untuk hipotesis, diperoleh data untuk kemampuan koneksi matematika peserta didik kelas eksperimen dengan thitung=23,47.Data untuk kemampuan komunikasi matematika peserta didik diperoleh thitung=21,58. Jika dibandingkan dengan harga tabel untuk N-2 =30-2 = 30 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel=1,70. Ternyata thitung>ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Active Learning tipe Everyone is a Teacher Heredengan bantuan alat peraga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]