• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERPARADIGMA HUMANISTIK DAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERPARADIGMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MARIA GORETTI KABANJAHE T.P 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Olivia Noverita Manullang.pdf (338.3Kb)
    Date
    2019-09-02
    Author
    Manullang, Olivia Noverita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan model contextual teaching and learning berparadigma humanistik dan model contextual teaching and learning berparadigma kearifan lokal terhadap pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P 2019/2020. Dengan teknik simpel random sampling diperoleh penelitian kelas VIII –C sebagai eksperimen 1 dan VIII –B sebagai ekperimen 2.instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk essay yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi siswa. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda terhadap eksperimen 1 dan ekperimen 2, diperolehlah rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 86,733 dengan standart deviasi 12,567 dan nilai rata-rata eksperimen 2 adalah 89,567 dengan standar deviasi 9,190 hasil uji persyaratan posttes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t (α=0,05) dari hasil uji t disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan model contextual teaching and learning berparadigma humanistik dan model contextual teaching and learning berparadigma kearifan lokal terhadap pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe. Selama pembelajaran dikelas ekperimen dilakukan observasi keterampilan proses siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori baik.  
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2929
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback