• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P. 2018/2019.

    Thumbnail
    View/Open
    Desi Natalia Br. Simanjuntak.pdf (316.4Kb)
    Date
    2019-09-03
    Author
    Br. Simanjuntak, Desi Natalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika Peserta Didik pada Materi Lingkaran kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu, seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P. 2018/2019. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh kelas VIII-2 sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi sebesar 85,433 sedangkan nilai rata-rata untuk post-test adalah 76,83. Dari hasil perhitungan analisis regresi Kemampuan Komunikasi dan Koneksi diperoleh: Y ̂ = 2,856 + 0,896 X, dan Y ̂ = 7,011 + 0,93 X dari perhitungan diperoleh b bernilai positif sebesar 0896 dan 0,93 , artinya kedua variabel tersebut mempunyai hubungan linear yang positif. Pada uji keberartian regresi Kemampuan Komunikasi dan Koneksi diperoleh, F_hitung > F_tabel atau 103,74 > 4,20, dan F_hitung > F_tabel atau 61,50 > 4,20 artinya terdapat Keberartian regresi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan Komunikasi dan Koneksi peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi Kemampuan Komunikasi diperoleh r^2 = 79,24%, dan Koneksi diperoleh r^2 = 77,43% yang artinya adanya pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan Komunikasi dan Koneksi peserta didik sebesar 79,24% dan 77,43% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika peserta didik kelas VIII SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P. 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2927
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback