Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas X SMK Maju Besitang T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan macromedia flash terhadap minat dan motivasi belajar peserta didik di Kelas X SMK Maju Besitang Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMK. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen X-2. Instrumen yang digunakan adalah angket dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien determinasi r2= 55,6 Maka dapat diperoleh besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Macromedia Flash terhadap kemampuan minat belajar adalah 55,6%, dan pada hubungan X terhadap Y2 diperoleh koefisien determinasi dari hasil perhitungan r^2 = 59,1%. Nilai koefisien determinasi r2 =59,1. Maka, dapat diperoleh besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Macromedia Flash terhadap motivasi belajar adalah 59,1%.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]