• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Problem Based Instruction Berparadigma Humanistik Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Negeri 2 Meranti T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Rosari Maria Sinaga.pdf (373.2Kb)
    Date
    2019-10-11
    Author
    Sinaga, Rosari Maria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    (II) Dra. Friska B. Siahaan, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berparadigma humanistik terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi peluang kelas XI SMA Negeri 2 Meranti. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Meranti T.P 2018/2019. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas XI IPA-1. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap peserta didik, guru, dan proses pembelajaran. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test terhadap motivasi belajar 84,33 dengan standar deviasi 6,68 dan nilai rata-rata post-test terhadap kemampuan pemecahan masalah 81,25 dengan standar deviasi 4,70. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji t (α=5%). Dari hasil uji t disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Instruction berparadigma humanistik terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi peluang kelas XI SMA Negeri 2 Meranti. Besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berparadigma humanistik terhadap motivasi belajar adalah 42,9% dan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 56,4%. Selama pembelajaran di kelas, dilakukan observasi kemampuan guru mengajar diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2922
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback