• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula TP 2014/2015.

    Thumbnail
    View/Open
    Posma.pdf (351.6Kb)
    Date
    2014-08-21
    Author
    SIAGIAN, POSMA WAHYUNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah dalam penilitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan model pmbelajaran konvensional yang dipakai guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII yang diajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw dan diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula. Penelitian ini dilakasanakan di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula dengan populasi yang terdiri dari enam (6) kelas secara keseluruhan yang berjumlah 163 siswa pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yaitu kelas VIII-2 sebanyak 29 siswa, sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebanyak 29 sebagai kelas kontrol, jadi sampel peneliti berjumlah sebanyak 58 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa berbentuk essay tes yang sudah baku yang dikutip dari buku teks sehingga validitas dan reabilitas telah teruji. Hasil analisis data merupakan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen = 75,68 dengan SD = 10,58 dan nilai rata-rata pos-test siswa kelas kontrol = 70,17 dengan SD = 9,30. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar = 2,12 sedangkan ttabel sebesar 1,678 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan = 95% dengan dk = 56 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,12 > 1,678 berarti hipotesis alternatif atau Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara model kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan di atas bahwa ada pengaruh hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula T.P 2014/2015.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/271
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback