• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Siswa Berdebat di Kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Mira Magdalena Manurung.pdf (278.0Kb)
    Date
    2019-08-15
    Author
    Manurung, Mira Magdalena
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa berdebat tanpa menggunakan media audio visual dan kemampuan siswa berdebat dengan menggunakan media audio visual di SMK Negeri 1 Medan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan sebanyak 420 orang. Sampel diambil secara acak dengan memilih 2 kelas dari 12 kelas yang ada sebanyak 70 orang, 35 orang untuk kelas eksperimen yaitu kelas X Administrasi Perkantoran 2 dan 35 orang untuk kelas kontrol yaitu kelas X Akuntansi 4. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Two Gruop Postest Only Design yaitu memberi perlakuan yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes performance atau tes lisan dengan menyuruh siswa berdebat di dalam kelas. Nilai rata - rata kelas eksperimen adalah 81,26 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,46. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata - rata kemampuan berdebat kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji normalitas untuk kelas eksperimen dapat diperoleh harga Lhitung = 0,1395, dari tabel kritis L untuk uji Lilliefors dengan N = 35 dan taraf nyata α = 0,05 didapat Ltabel = 0,1497. Setelah dibandingkan ternyata Lhitung < Ltabel atau 0,1395 < 0,1497. Maka dapat disimpulkan bahwa data variabel X berdistribusi normal. Sedangkan untuk kelas kontrol dapat diperoleh harga Lhitung = 0,1221 dari tabel kritis L untuk uji Lilliefors dengan N = 35 dan taraf nyata α = 0,05 didapat Ltabel = 0,1497. Setelah dibandingkan ternyata Lhitung < Ltabel atau 0,1221 < 0,1497. Maka dapat disimpulkan bahwa data variabel Y berdistribusi normal. Uji homogenitas varians data kelas eksperimen dan kelas kontrol Fhitung = 1,01 dan grafik daftar distribusi F dengan dk 35-1 = 34, dk penyebut 35-1 = 34, α = 0,05 dan Ftabel = 1,80. Dengan demikian hasil dari hitungan di atas maka dapat disimpulkan homogeny karena Fhitung < Ftabel atau 1,01 < 1,80. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan uji ‘t’ thitung > ttabel atau 15,2112 > 1,9974. Dengan demikian Hipotesis Nihil (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Media Audio Visual berpengaruh terhadap kemampuan berdebat siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2671
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback