Penerapan Teknik Discovery Dengan Penekanan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan KemampuanPemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan teknik discovery dengan penekanan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian: siswa kelas VIII-A dengan jumlah 30 orang dan objek penelitian: penerapan teknik discovery dengan penekanan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi guru untuk melihat bagaimana teknik dan pendekatan pembelajaran dilaksanakan dan tes untuk melihat kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa.
Dari hasil analisis data tes hasil belajar diperoleh pada tes awal presentasi siswa yang tuntas 23 % meningkat pada siklus I menjadi 53,3% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 90% atau mengalami peningkatan sebesar 30,3% dari tes awal ke siklus I, dan peningkatan sebesar 36,7% dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal siswa yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 7 siswa, pada siklus I bertambah menjadi 16 dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 27 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan penerapan teknik discovery dengan penekanan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Hulu. Sehingga penerapan teknik discovery dengan penekanan pendekatan problem solving dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]