Show simple item record

dc.contributor.authorHarahap, Lasti
dc.date.accessioned2019-08-31T05:10:01Z
dc.date.available2019-08-31T05:10:01Z
dc.date.issued2019-04-24
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2636
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hubungan komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden yang diambil dari 4 program studi pada Fakultas Ekonomi dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan disebarkan kepada responden. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan uji t, dan koefisien determinasi (R2). Hasil nilai t hitung > t tabel (56,049 > 1,659) dan nilai signifikan alpha < alpha (0,000 < 0,05) ini menunjukkan bahwa variabel komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa. Hal ini berarti bahwa semakin baik komunikasi interpersonal maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa. Untuk dapat menciptakan motivasi belajar yang tinggi, maka mahasiswa harus melakukan komunikasi yang baik dengan dosen dan mahasiswa lainnya. Dengan adanya motivasi, seorang individu bisa bertindak dengan tepat mencapai tujuannya dan memiliki semangat untuk memenuhi kebutuhannya.en_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonal,en_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record