• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Pangaribuan Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Dennis Simamora.pdf (336.2Kb)
    Date
    2017-08-11
    Author
    Simamora, Dennis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah adapengaruh model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bentul aljabar di kelas VIII SMP Negeri 3 Pangaribuan Tahun Ajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui manakah lebih baik pembelajaran dengan menggunakan model double loop problem solving atau menggunakan pembelajaran yang konvensional terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan test kemampuan penalaran dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hipotesis diuji dengan uji F dan uji T. Berdasarkan uji hipotesis maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran double loop problem solving berpengaruh terhadap kemampuan penalaran di kelas VIII SMP Negeri 3Pangaribuan Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.(2)Model pembelajaran double loop problem solvingberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis di kelas VIII SMP Negeri 3 Pangaribuan Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. (3) Pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan penalaran lebih baik daripada tidak menggunakan model pembelajaran double loop problem solving. (4)Pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada tidak menggunakan model pembelajaran double loop problem solving.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/261
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback