• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Pembelaj-aran Discovery Terhadap Kemamapuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palipi Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaraan 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Candro tamba.pdf (201.2Kb)
    Date
    2019-03-10
    Author
    Tamba, Canro
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kompetensi dasar bahasa indonesia kurikulum 2013, salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa.yaitu mampu menulis teks laporan hasil observasi. Teks hasil laporan hasil observasi merupakan teks yang berisi penjabaran umum untuk melaporkan berupa hasil dari pengamatan ( observasi ). Timbul satu masalah di lapangan yang menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai,salah satunya yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menulis. Trimantara (2005:2) menyatakan bahwa,pembelajaran menulis telah lama menjadi satu masalah itu saja dan tidak mengikuti guru tanpa dalam sistem pembelajaran bahasa indonesia Sianipar ( 2012 ; 2 ) juga mengutarakan bahwa penyebab rendah nya kemampuan menulis laporan pengamatan siswa yaitu karena ; (1) rendah nya penguasaan siswa terhadap materi akibat cara mengajar guru yang biasanya lebih banyak ceramah (2) Rendahnya penguasaan guru dalam pengelolaan pembelajaran dimana guru cenderung memakai materi yang itu saja dan tidak mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan (3) fokus pembelajaran ada pada guru tanpa melalui aktivitas dan partisivasi siswa ; rendah nya motifasi belajar siswa; dan (4) Rendahnya kemampuan guru dalam pemilihan metode,strategi,dan media pembelajaran Salahsatu solusi yang baik untuk menangani masalah ini yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat.Model pembelajaran yang tepat mampu mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan.salah satu model yang tepat dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu model pembelajara discovery.Menurut Cahyo (20013;101) menyatakan Discovery merupak-an salah satu model pembelajaran yang membantu siswa mengasimilasi suatu konsep atau prinsip misal nya mengamati, membuat dugaan menjelaskan dan membuat kesimpulan.” Model pembelajaran discovry Learning merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang menuntut siswa belajar secara saintifik dengan mengamati,membuat dugaan,menjelaaskan dan menyimpulkan. Oleh sebab itu,penulis akan mencoba melakukan penelitian terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery sebagai upaya untuk memperkenalkan model pembelajaran dalam menulis. Persfektif yang ditunjukkan oleh model pembelajaran discoveryyaitu mengarah pada keaktifan siswa dalam menemukan konsep pelajaran itu sendiri. Model pembelajaran discovery Learning menuntut siswa untuk berperan aktif yaitu dengan menemukan infarmasi sendiri. Hal ni serupa dengan pendapat cahyo (2013; 103) yang mengatakan bahwa.” Model pembelajaran discovery Learning megubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif.”
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2577
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback