Penerapan Metode Menghafal dan Metode Reading pada lagu old MacDonald dan lagu Old St Nicholas Bagi Anak Autis Di Lembaga Vivo Musik Medan
Abstract
Skripsi ini membahas tentang metode yang digunakan oleh guru di Lembaga Vivo Musik Medan untuk memperlajari lagu Old MacDonald dan lagu Old St Nicholas. Lembaga Vivo Musik Medan merupakan salah satu lembaga musik di Medan yang membuka peluang untuk anak autis dalam belajar musik. Instrumen musik yang dipelajari oleh anak autis dalam penelitian ini adalah alat musik piano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dapat memainkan lagu Old MacDonald dan lagu Old St Nicholas pada instrument piano dengan melakukan penerapan metode menghafal dan metode Reading. Perkembangan anak dapat dinilai berdasarkan cara bermain piano dari anak tersebut. Selain itu, perkembangan sianak dilihat dari catatan perkembangan anak yang telah dirancang dan dibuat oleh guru pianoyang disebut dengan SKH (Satuan Kegiatan Harian)
Collections
- Seni Musik [141]