• Login
    View Item 
    •   Home
    • Buku Ajar
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Buku Ajar
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Paradigma Bahasa

    Thumbnail
    View/Open
    Paradigma Bahasa (2.772Mb)
    Date
    2008-01-01
    Author
    Pangaribuan, Tagor
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku ini kajian paradigma. Paradigma adalah suau perangkat ilmiah berupa konstruk peneitian yang digunakan aliran filsafat tertentu. Buku ini mencandar apa Bahasa itu dengan perspektif filsafat yang ada di ilmu Bahasa, yaitu, paraigma linguitik tradisional, paradigma linguistic struktual, paradigm linguistikn fungsioal dan paradigm linguistic transformasi generatif grammar. Tujuannya membantu mahasiswa memahami apa Bahasa itu menurut filsafat acuannya seperti filsafat tradisional Plato yang menyatakan man is born with innate capacity yang dijabarkan sebagai onoma dan rema. Buku ini diharapkan membantu mahasiswa melihat cara pandang para guru Bahasa terdahulu, dan dapat memanfaatkan untuk memahami bagaimana Bahasa ditat untuk diajarkan. Mengebangankan pemahaman yang fungsional buku ini juga memuat contoh-cntoh penelitian atas paradigm tersebut, penelitian model tendak tutur, model transformasi, model government binding, dan aneka model lainnya sehingga cara tata nalar yang umum dilakukan para penganut paradigm dapat lebih didalami. Model Plato misalnya menekankan logika berfirkir di dalam Bahasa dan mengungkat rhetorika sebagai seni komnikasi yang angun. Model structural mengutamakan taksonomi ketrampilan. Model transformasi berupaya merangkai konstruk Bahasa sebagai kecerdasan generative dan transformatif dengan makna sebagai landasan. Linguisik fungsional seperti namanya berupaya memerikan Bahasa dengan landasan fungsi lakon atau behaviorem antara penutur dan penerima tuturan denan wahana makna yang difungsikan dilihat dari piranti taksonomi linguistic yang digunakan, dianalisis dengan model sintagmatik maupun model paradigmatic. Buku ini masih berketerbatasan. Dalam keterbatasan, diharapkan paradigm yang diuraikan mampu mengantarkan mahasiswa un tuk pemahaman dan pencerahan lebih mendalam dengan harapan setiap mahasiswa dapat melihat pohon ilmu paradigma yang bersangkutan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2149
    Collections
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan [28]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback