• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Kelas X SMA Negeri I Palipi T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Juwita Novalisa Siregar.pdf (502.1Kb)
    Date
    2018-09-15
    Author
    Siregar, Juwita Novalisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Pemecahan Masalah Matematika peserta didik pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel Kelas X SMA Negeri I Palipi T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Palipi T.A 2018/2019. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen X IIS-I). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan Guru mengajar dan waktu. Dari uji post test dilihat dari kesesuaian tingkat pembelajaran Daya serap perseorangan. Seorang siswa telah tuntas dalam belajar bila ia telah mencapai skor ≥70% atau nilai ≥70%. Dilihat dari hasil belajar siswa; Daya serap klasikal. Suatu kelas dinyatakan telah tuntas belajar apabila kelas tersebut telah terdapat ≥80% siswa yang telah mencapai nilai ≥70% karena rata-rata post test Pemahaman Konsep Matematika 36,6 dan Pemecahan Masalah Matematika peserta didik rata-rata 46,6 maka kesesuaian tingkat pembelajaran tidak efektif. Dari analisis tingkat kemampuan guru data observasi terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil dari semua observasi rata-rata 4 yang berarti dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran sudah efektif. Data pengamatan terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil rata-rata penilaian oleh dua obsevator. Pada pertemuan 1, 2 dan 3 diperoleh rata-rata pengamatan 1,8 hasil pengamatan dalam kategori kurang baik. Dari hasil observasi waktu diperoleh hasil dari semua observasi dalam kategori kurang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tidak efektif artinya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tidak efektif Terhadap kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri I Palipi
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1835
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback